Tingkatkan Omzet Penjualan dengan Email Marketing



Bismillah...
Beberapa hari yang lalu, saya sedang melihat-lihat mobil, dan perhatian saya tertuju ke sebuah mobil 7 seater buatan Korea.
Mobilnya nyaman, lebar, dan kapasitasnya besar, cocok untuk keluarga saya.
Saat saya sedang melihat-lihat brosurnya, seorang SPB (sales promotion boy) nya datang menghampiri saya. Namanya Husni.
Ia lalu menjelaskan tentang mobilnya, dan saat saya akan pergi, Ia meminta data-data saya, nomor HP, alamat email, dll.
Di saat yang sama, ia memberikan kartu namanya.
Dan seperti yang bisa kita tebak, besoknya Husni menelepon saya untuk mengatur jadwal test drive, dll.
Anda mungkin pernah mengalami ini.
Pertanyaannya:
Kenapa kita selalu menjumpai SPB atau SPG mobil di tempat seperti Mall dan pusat keramaian lain?
Dan kenapa saya mau memberikan data saya?
Jawaban untuk pertanyaan pertama, mungkin karena memang ini berhasil.
Mungkin tidak di saya, tidak di Anda, mungkin di orang lain berhasil.
Dan begitu berhasilnya sampai dealer mobil terus melakukannya setiap hari, sampai sekarang.
Jawaban untuk pertanyaan kedua, karena memang saya tertarik dengan mobilnya dan memang berniat mengganti mobil saya yang sekarang.
Jika tidak, mungkin saya tidak akan menyerahkan data diri saya begitu saja.
Nah, prinsip ini berlaku juga saat Anda jualan online.
Inilah kenapa landing page menjadi begitu penting.
Landing page dalam bisnis kita itu fungsinya mirip dengan SPB yang saya temui, Husni.
Tugasnya menjelaskan produk kita ke calon pembeli.
Seperti: apa benefitnya, bagaimana produk ini bisa membantu kita dalam tugas kita sehari-hari, apa saja kelebihannya dibanding dengan kompetitor, dll.
Dan jika calon pembeli kita tertarik untuk mempelajari lebih lanjut (sperti dalam kasus saya: test drive) maka landing page tersebut bisa mendapatkan data-data yang Anda butuhkan.
Data-data ini kemudian nantinya yang Anda olah untuk meningkatkan kemungkinan calon pembeli tadi untuk menjadi pelanggan Anda.
Dalam bisnis online, ada banyak data yang bisa Anda dapatkan.
Namun dari cara mendapatkannya saya membagi 2: cara pasif dan aktif.
Pasif berarti selama pengunjung datang ke landing page Anda, maka Anda akan mendapatkan datanya.
Data pasif contohnya berupa:
  • Facebook pixel.
  • Data dari Google Analytics
  • Dll.
Data ini kemudian bisa Anda olah untuk membantu Anda menyesuaikan landing page Anda menjadi lebih baik lagi.
Jika click nya rendah, mungkin tombolnya tidak kelihatan.
Jika tingkat pantul nya tinggi (bounce rate), maka mungkin landing page Anda terlalu lambat, atau tidak langsung menarik perhatian calon pembeli Anda di awal.
Disisi lain ada data aktif.
Data yang dimana si calon pembeli memberikannya sendiri ke Anda.
Data ini contohnya berupa alamat email.
Ini mirip saat saya memberikan data saya ke Husni, saya sendiri yang menulisnya.
Calon pembeli yang memberikan alamat emailnya ke Anda sudah menunjukkan ketertarikan atau niatan membeli ke Anda.
Karenanya memiliki landing page yang kita buat khusus untuk tiap campaign secara spesifik, itu seperti memiliki banyak SPB yang siap menjelaskan produk dengan caranya masing-masing.
Dan saat ini Anda sudah bisa langsung membuat landing page didalam KIRIM.EMAIL tanpa harus menyewa hosting terpisah.
Menggunakan fitur landing page di KIRIM.EMAIL sangat mudah, sehingga Anda tetap bisa fokus ke tujuan bisnis Anda, tidak akan direpotkan oleh hal-hal teknis.
Dan, apakah landing page Anda bagus atau tidak? Anda bisa mengukur kinerjanya dengan melihat cara ini.
Memiliki landing page diluar toko online yang mungkin sudah Anda miliki sekarang memiliki banyak sekali manfaat untuk bisnis Anda.
Karenanya miliki "Husni" Anda sendiri, buat landing page Anda sekarang.

Daftar KIRIM.EMAIL disini

Tunjukkan landing page Anda ke saya dengan membalas email ini.
Saya tunggu.



Saya penasaran, banyak foto-foto leaderboard sering muncul di beranda Facebook Saya

Dari produk fisik sampe produk digital
Biasanya tiap bulan ada sih

Di beranda temen-temen sering muncul juga gak sih?

Setelah Saya amati,
Kebanyakan memang yg sering masuk leaderboard ini orang-orang yang konsisten di Internet Marketing

Dan....
Ternyata kebanyakan promosinya tuh di email
Iya, Email
Yang sering kita anggap media paling gak banget buat promosi, haha..
Ya gimana gak mikir gitu
Saya juga mikir gitu awalnya, mungkin kayak temen-temen juga

"Orang Indonesia tuh males buka email"
"Lha email masa buat jualan, mendingan di Marketplace lah"

Gitu keletuknya...

Tapi, nyatanya, banyak juga closingan di email loh
Asal emang bener cara mainnya, dari List Building, Email Series, sama Copywritingnya

Salah satu guru Saya, Mas Fikry Fatullah, yg juga pakar Email Marketing, juga sering ngajarin mindset main email marketing



Ternyata seru
Bisa ningkatin penjualan + omset tentunya

Asyik yah...

Oh ya,
Kabar baiknya Mas Fikry juga nulis buku khusus, blak-blakan diajarin optimasi Email Marketing
Buat temen-temen yg masih buta banget tentang email marketing, coba deh baca buku "Kirim Email Aja", mumpung lagi harga murah-murahnya, cuma 99.600
Temen-temen bisa order disini (Link Affiliate)

Nah, menurut temen-temen
Siapa aja sih pakar email marketing di Indonesia?
Sering dapet promo di email gak?




Comments

Popular posts from this blog

EASY COPYWRITING

Kembali Ke Titik Nol - Saptuari Sugiharto

Bagaimana Menjadi Seorang Creative Preneur